Tuesday, November 29, 2011

Manajemen Agribisnis Negara Amerika Serikat

PENDAHULUAN

Kondisi Pertanian di Amerika Serikat secara umum dan Perkembangan Sistem Agribisnis

Amerika Serikat yang dikenal sebagai negara adikuasa karena mempunyai dominasi kuat terhadap negara-negara lain. Gelar Amerika Serikat sebagai negara adidaya di bidang ekonomi diciptakan dan didukung oleh berbagai faktor. Pertama, di bidang agraris mempunyai lahan pertanian dan peternakan yang luas. Kedua, kaya bahan tambang. Ketiga, masyarakatnya menguasai teknologi yang memadai. Keempat etos kerja masyarakatnya tinggi. Kelima, tingkat partisipasi masyarakat di bidang pembangunan tinggi serta para pemimpinnya mempunyai tanggung jawab tinggi terhadap kesejahteraan warganya.
Sektor pertanian di Amerika dilaksanakan dengan menggunakan teknologi modern dan semangat kerja keras para petaninya. Lahan pertanian negara ini meliputi 47% dari luas wilayah negara dengan menggunakan sistem monokultur (satu kawasan satu jenis tanaman). Hasil pertanian Amerika Serikat, antara lain jagung, kedelai, gandum, kapas, beras, sayuran, tembakau, dan buah-buahan.
Amerika serikat salah satu negara maju yang telah berpengalaman menerapkan pengolahan lahan pertanian dalam skala luas menggunakan mesin pertanian. Bahkan telah memproduksi sendiri mesin-mesin pertaniannya. Tanpa dukungan infrastruktur dari pemerintah, Amerika serikat tidak akan mampu membangun sektor pertanian seoptimal ini. Sebagai contoh kasus bagaimana pembangunan pertanian dan kebijakannya di Negara Maju, dapat diperhatikan dalam negara Amerika serikat berikut. Sejak tahun 2002, pemerintah AS memberikan subsidi sebesar US $ 19 milliar per tahun kepada petaninya, atau sekitar dua kali dari dana yang dicadangkan untuk bantuan interansionalnya. Dalam hal beras, misalnya AS telah mencadangkan sekitar US$ 100 ribu subsidi per petani yang diberikan kepada siapapun yang mau mengganti tanamannya dengan padi. Negara bagian di pantai barat seperti California dan Washington, dan negara bagian di tenggara seperti Lousiana, South dan North Carolina memang sedang antusias mengembangkan agribisnis padi sawah. Proses agribisnis di Amerika serikat dimulai dengan proses analisa tanah, pengolahan sampai penanaman dan panen. Setelah itu benih yang telah dipanen, kemudian dijual kepada pengusaha besar seperti Monsanto, Pioneer, Cargill dan masih banyak lagi. Perusahaan besar tersebut kemudian melakukan tindakan seperti ekspor ke luar negeri, mengolah produk seperti menjadi bahan bakar ethanol, makanan ternak, atau kemudian menjualnya kembali kepada produsen lain untuk dijadikan produk yang lain. Keseluruhan proses ini melibatkankan tiga system agribisnis yaitu input (penanaman benih), on-farm (proses penanaman sampai panen) dan output (ekspor, pengolahan dan penjualan benih).


PEMBAHASAN

1. Permasalahan Sistem Agribisnis di Amerika serikat
Permasalahan yang akan kami kemukakan mengenai proses agribisnis di Amerika Serikat adalah terjadinya struktur pasar monopoli dimana perusahaan besar menguasai pangsa pasar agrinisnis di Amerika. Ini tidak terlepas dari sistem kapitalis yang dianut Negara tersebut dimana sistem tersebut menyatakan bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untung kepentingan-kepentingan pribadi. Walaupun demikian, kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi universal yang bisa diterima secara luas. Selain itu UU pemerintahan masih melindungi konglomerat sehingga pengusaha kecil – atau disini bisa disebut sebagai petani kecil – tidak bisa berbuat banyak untuk merubah keadaan menjadi lebih baik buat mereka.
“Agribisnis boleh dibilang sektor bisnis besar di Amerika. Konglomerat besar menguasai pertanian maupun perkebunan di Amerika. Di bawah George Bush, pemerintah Amerika membebaskan sektor agribisnis untuk berkembang atas kemampuan sendiri. Akibatnya petani kecil terinjak. Saat ini Presiden Barack Obama berencana untuk mengubah kebijakan tersebut”.
Dari pernyataan tersebut diatas bisa dikatakan konglomerat dilindungi oleh pemerintah yang belum memihak kepada petani kecil. Selain itu dengan keberpihakan kepada para konglomerat, sehingga mereka secara bebas “memeras” petani kecil dengan memaksa mereka membeli benih, bahan bakar diesel untuk traktor, pupuk, bahan kimia dan kebutuhan pertanian lainnya. Kami kutip kembali dari internet: “Apabila seorang petani membeli traktor, bahan bakar disel, pupuk, bahan kimia dan kebutuhan pertanian lainnya, mereka harus membeli dari perusahaan yang boleh dibilang memonopoli sektor tersebut. Para petani harus membayar harga tinggi, jadi mereka harus berhutang besar. Lalu hasil panen harus dijual kepada perusahaan yang bisa dikategorikan monopsony, hanya ada satu orang yang membeli, boleh disamakan dengan monopoli. Jadi petani ini tidak mendapat harga yang menguntungkan untuk panenannya. Dengan kata lain, ia diperas untuk keluar dari bisnis. Saat ini hanya ada sejumlah kecil petani independen di Amerika”.
2. Wilayah penyebaran pertanian di Amerika Serikat
Amerika Serikat memiliki 50 negara bagian dan sebagian besar terletak di bagian Benua Amerika Utara. Daerah pertanian tersebar di beberapa wilayah tergantung dari kondisi lahan dan cuaca daerah tersebut. Ragam tanaman untuk setiap wilayah sangat bergantung pada faktor-faktor seperti kondisi tanah (pH, tekstur, struktur tanah), kondisi geografis daerah (perbukitan, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah), musim (pada beberapa wilayah Amerika bagian selatan, sebagian Negara bagian tidak mengalami salju seperti Negara bagian California, Texas, Florida) dan kelembaban udara. Seperti yang terlihat pada gambar (peta penyebaran wilayah pertanian di USA), untuk setiap Negara bagian memiliki produk unggulannya masing-masing, tergantung kondisi-kondisi yang tersebut diatas. Seperti contoh Negara bagian Iowa, dimana produk unggulan mereka adalah jagung, selain itu ada beberapa petani yang menanam kedelai, dan beberapa sayur-sayuran dan buah-buahan seperti semangka, melon, wortel, kol, dan brokoli. Tingginya produksi jagung disebabkan ketersediaan unsur hara dan kondisi lingkungan yang mendukung bagi tanaman sehingga produksi jagung bisa optimal.
Amerika serikat adalah pengekspor jagung terbesar didunia, pada tahun 2005 mengekspor jagung senilai 5,038 milyar US$ atau sekitar 44,91% total ekspor didunia. Indonesia adalah pengimpor jagung dan kedelai dari Amerika.
3. Sistem Agribisnis di Amerika Serikat
Sistem agribisnis pertanian di Amerika Serikat sesuai dengan teori Davis and Golberg yang menyatakan bahwa “ Agribusiness incleded all operation involved in the manufacture and distribution of farm supplies; production operations on the farm; the storage, the processing and distribution of farm commodities from them, trading (wholesaler, retallers), consumers to it, all non farm and institution serving them. Dimana pernyataan Davis and Golberg ini merupakan pandangan modern yang sudah dikembangkan di negara maju seperti di Amerika Serikat.
Sistem agribisnis pertanian di Amerika Serikat dikelola dengan sangat profesional yang melibatkan orang-orang yang ahli di bidangnya. Dimulai dari tanah sebagai dasar awal dimulainya sebuah pertanaman, mereka yaitu petani dengan kesadaran sendiri melakukan analisa tanah sebelum menanam. Mereka mengambil sampel tanah secara acak di beberapa tempat di lahan pertanian mereka, membawa atau mengirimkannya ke lab dan setelah itu melihat hasil tes. Berdasarkan hasil analisa tersebut, bisa ditentukan cara pengolahan lahan tersebut, seperti pupuk apa yang dibutuhkan, kandungan zat dalam tanah dan lain sebagainya sehingga bisa ditentukan tindakan apa yang akan dilakukan selanjutnya.
Setelah itu, petani memulai penanaman yang umumnya dilakukan oleh 1 keluarga yang terdiri dari 3-4 anggota keluarga untuk mengelola puluhan hingga ratusan hektar. Minimnya jumlah tenaga kerja di karenakan manufaktur yang digunakan sudah sangat memadai. Seperti traktor khusus untuk menanam, memupuk, menyiram dan memanen. Hanya 1 hal yang dilakukan manusia selain mengendarai traktor tersebut, yaitu memeriksa adanya serangan hama atau penyakit di lapangan. Setelah proses di lapangan tersebut, sebagian hasil panen langsung dijual dan sebagian lagi disimpan di dalam gudang khusus yang sudah diatur suhu dan kelembabannya agar sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan untuk menyimpan. Contoh untuk produk jagung, untuk penjualan, mereka menjual jagung hasil panen mereka langsung ke produsen besar jagung seperti Syngenta, Cargil atau Monsanto. Produknya berupa jagung pipilan karena ketika jagung dipanen, mereka menggunakan traktor yang saat memanen, sudah otomatis memipil jagung tersebut sehingga produk siap jadi untuk dijual/dipasarkan. Sebagian produk lagi disimpan di tempat penyimpanan yang memiliki suhu ruangan khusus yang bisa menyimpan jagung selama berbulan-bulan.
Produsen besar yang membeli jagung dari petani tersebut, sebagian besar mengolah produknya menjadi produk olahan baru seperti makanan ternak untuk kemudian mereka jual ke dalam maupun ke luar negeri. Selain itu jagung pipilan tersebut juga diekspor keluar negeri seperti ke Kanada, Brazil, India dan juga termasuk ke Indonesia. Sebagian produk yang lain kemudian dijual ke produsen yang lain yang memproses produk sampai kemudian layak untuk dijual ke konsumen sebagai bahan olahan ataupun siap jadi dan memiliki harga jual yang tinggi. Seperti contoh membuat tepung jagung, popcorn, jagung kalengan, dan lain sebagainya. Selain produk-produk diatas, pengolahan jagung juga sudah sampai pada teknologi yang sangat maju yaitu dengan mengolahnya sebagai alternative bahan bakar selain diesel yang disebut sebagai ethanol. Ethanol dibuat dari bahan baku jagung yang dicampur dengan bahan-bahan kimia yang menghasilkan bahan bakar pilihan untuk kendaraan ataupun alat-alat yang membutuhkan bahan bakar. Produksi jagung yang sudah sangat berlebih baik untuk kebutuhan local maupun ekspor keluar negeri, sehingga mereka (scientist Amerika) berpikir bagaimana mengolah jagung mereka menjadi lebih bermanfaat dari sebelumnya. Maka dimulailah revolusi dibidang bahan bakar ini yang dimulai di tahun 1986 yang produksinya dari tahun ke tahun terus meningkat sampai sekarang ini. Amerika serikat adalah pengekspor jagung terbesar didunia, pada tahun 2005 mengekspor jagung senilai 5,038 milyar US$ atau sekitar 44,91% total ekspor didunia. Indonesia adalah pengimpor jagung dan kedelai dari Amerika.
Proses agribisnis
Telah disebutkan diatas mengenai proses agribisnis yang dimulai dengan proses analisa tanah, pengolahan sampai penanaman dan panen. Setelah itu benih yang telah dipanen, kemudian dijual kepada pengusaha besar seperti Monsanto, Pioneer, Cargill dan masih banyak lagi. Perusahaan besar tersebut kemudian melakukan tindakan seperti ekspor ke luar negeri, mengolah produk seperti menjadi bahan bakar ethanol, makanan ternak, atau kemudian menjualnya kembali kepada produsen lain untuk dijadikan produk yang lain. Keseluruhan proses ini melibatkankan tiga system agribisnis yaitu input (penanaman benih), on-farm (proses penanaman sampai panen) dan output (ekspor, pengolahan dan penjualan benih).

Keunggulan sistem pertanian di Amerika Serikat
 Sistem yang diterapkan sudah sangat modern, dimulai dari petani yang sangat professional dan dengan kesadaran sendiri melaksanakan proses pertanian mereka sampai penggunaan alat-alat modern untuk mendukung proses pertanaman tersebut.
 Asuransi pertanian. Petani Amerika selain mengasuransikan diri mereka sendiri, mereka juga turut mengasuransikan areal pertanian mereka jika sesuatu yang tidak terduga terjadi dikemudian hari. Sebagai contoh, mereka mengasuransikan areal tanaman jagung terhadap badai dan tornado yang sering melanda daerah mereka. Jadi ketika panen yang mereka prediksi bakal mereka dapatkan untuk bulan depan tetapi karena terjadi tornado sehingga panen menjadi gagal, maka mereka tidak merugi karena sudah terasuransikan sehingga kerugian bisa tertutupi.
Peranan Pemerintahan Amerika Serikat serta Kebijakan Pemerintah
Peran pemerintah AS dalam sector pertaniannya juga terlihat sangat besar, hal ini dapat dilihat pada Farm Security and Rural Investment Act of 2002 (FSRIA) yang terdiri dari program konservasi lahan dan lingkungan pertanian (dalam kesepakatan ini dinyatakan bahwa masalah pengaturan lahan sampai distribusi hasil pertanian antara negara bagian dan federal, serta ekspor komoditi hasil pertanian ke luar tetap diawasi dan diatur oleh pemerintah AS yang memiliki otoritas untuk seluruh aspek komoditi pertanian secara penuh), program bantuan pinjaman dan pembayaran serta mengatur investasi pertanian (Pemerintah juga masih memberikan program jaminan kredit eksport untuk para petaninya agar masih tetap produktif), program jaminan kesehatan, dan program subsidi langsung komoditi pertanian, akses perdagangan pertanian luar negeri, (bantuan eksport dari beberapa komoditi yang termasuk dalam program akses pasar masih digunakan. Sedangkan food for progress mengacu pada kesepakatan organisasi internasional, walaupun masih terdapat pengecualian terutama beberapa sektor pertanian yang dilindungi), bantuan pangan domestik atau keamanan makanan (khususnya klasifikasi bahan makanan). Keseluruhan kebijakan tersebut disetujui oleh Congressional Resources, yang didalamnya terdapat Senate Commitee on Agriculture dan U.S. House Committee on Agriculture.
Salah satu persoalan yang mendasar pada proteksi perdagangan pertanian AS pasca AoA (Agreement on Agriculture) dilakukan, karena alasan menjaga harga produk pertanian tetap rendah, masalah ketahanan pangan dan pelestarian sumber daya alam (SDA) walaupun masih terjadi overlapping. Tetapi kemudian muncul persoalan lain yaitu, pada masalah distribusi subsidi pertanian yang diatur oleh pemerintah AS, ketimpangan masalah distribusi subsidi malah dinikmati oleh sebagian besar para petani besar bukan sebaliknya, masalah tersebut kemudian menjadi bahan analisa kebijakan publik pertanian AS, tidak hanya dikarenakan desakan kekuatan-kekuatan domestik, tetapi adanya kelompok-kelompok kepentingan ’petani besar’ yang mendesak pemerintahannya untuk melaksanakan ketentuan tertentu. Persoalan yang mulai muncul pada masa pemerintahan George Walker Bush yaitu tetap melakukan subsidi pertanian, walaupun ada beberapa kelompok lain yang terus menentang pemberlakuan subsidi tersebut, bahkan sempat terjadi beberapa aksi demonstrasi.
Sikap dan kebijakan pemerintah dalam masalah pertanian mencerminkan kepentingan nasional yang harus dilindungi, tindakan dalam kebijakan undang-undang pertanian yang disahkan pada tahun 2002. Pemerintah AS pada setiap tahunnya melakukan perubahan pada beberapa kebijakan pertaniannya, agar programprogram tersebut diharapkan dapat menjamin kemakmuran dan kesejahteraan para petaninya. Pada masa lalu pemerintah lebih menspesifikasikan pada program penanggulangan pada bencana alam (penanganan pada masalah alam), peningkatan hasil produksi (teknologi dan investasi modal) dan peningkatan pada riset-riset pertanian. Tetapi pada masa sekarang, akibat dari keberhasilan programprogram tersebut, pemerintah menghadapi kesulitan pengaturan pada kelebihan produksi hasil-hasil pertanian yang setiap tahunnya semakin meningkat, serta kesulitan dalam pengontrolan harga-harga pertanian, yang di akibatkan turunnya harga karena produksi yang berlebihan. Peranan pemerintah AS tercermin melalui kebijakan pemerintah AS yang terdapat dalam Undang-undang pertanian nasional AS, yang dikeluarkan dan disahkan pada tahun 2002. Undang-undang pertanian nasional seiring waktu mengalami banyak perubahan dan pembaruan. Undang-undang pertanian mulai dikenalkan pada tahun 1933 dengan nama Agricultural Adjustment Act of 1933, yang kemudian pada tahun 2002 menjadi the Farm Security and Rural Investment Act of 2002 yang biasa disebut FSRIA. Ada beberapa konsentrasi kebijakan yang diambil pemerintah ketika mengeluarkan undang-undang pertanian nasionalnya (FSRIA), diantaranya :
1. Program Konservasi dan Lingkungan
Peraturan mengenai masalah konservasi alam bagi lahan pertanian melalui peningkatan dana the Environmental Quality Incentives (EQI) dan juga muncul program baru yaitu Conservation Security Program (CSP) yang akan memberikan dukungan dana bagi produsen dan petani yang melaksanakan praktek-praktek konservasi alam dalam bertani. Land Retirement Program (LRP), salah satu program yang diperluas pelaksanaannya khususnya sehubungan dengan lahan gambus (tidak diberdayakan). Dana untuk perlindungan terhadap lahan pertanian ditingkatkan. Untuk membantu para pemiliki tanah melestarikan atau menciptakan lahan rumput, diciptakan satu progam baru tambahan, yaitu Grassland Reserve. FSRIA kemudian memperluas otoritas dalam Program Konservasi Cadangan seluas 40 juta acre, tujuannya adalah menyediakan penggunaan tanah bagi produk pertanian, serta pembangunan untuk lingkungan dan wisata. Alasan utama pemerintah untuk menjaga lingkungan dan mengurangi suplai panen supaya harga harga pertanian tidak menurun. Bantuan pemerintah juga terlihat dari besarnya peningkatan anggaran atau dana pembayaran cost sharing dalam bidang konservasi pertanian dan lingkungan pada tahun 1995-2006 sebesar $22,593,905,890 (EWG database) Bantuan pemerintah dengan alas an menjaga pelestarian lingkungan, memang tidak terlihat seperti subsidi langsung dalam bidang pertanian, tetapi melalui peran pemerintah inilah kemudian bantuan pengolahan lahan untuk pertanian meningkat dan menambah beban anggaran, yang telah disepakati melalui Kongres. Program Jaminan Konservasi yang diberikan oleh pemerintah, khusus kepada petani atau produsen untuk memelihara konservasi pada tanah yang sedang diolah. Program ini sekaligus pemberdayaan dan pelestarian tanah yang sedang diolah, agar dapat digunakan kembali setelah masa panen, serta pembangunan kondisi tanah agar tidak terjadi penurunan atau tidak subur. Program ini bertujuan mengem-balikan tingkat kesuburan tanah dengan cara menanami rerumputan dan tanaman lainnya, program insentif kualitas lingkungan AS (US Environmental Quality Incentive Program) yang dikelola AS sebagai upaya peningkatan konservasi air dan tindakan-tindakan lainnya sebagai bentuk lain dari subsidi tidak langsung dari pemerintah. Peran pemerintah disini dapat dikatakan invisible sebagai proteksi, karena hanya seperti bantuan untuk pelestarian alam, walaupun terlihat adanya peningkatan anggaran pemerintah untuk masalah konservasi pertanian dan lingkungan dan adanya tujuan lainnya, yaitu adanya pembatasan dan pengaturan lahan agar produksi tidak terlalu berlimpah atau kapasitas kelebihan produksi dapat di kontrol.
2. Program Bantuan Pinjaman dan Pembayaran
Farm Service Agency (FSA) menyusun peraturan yang lebih ringan kepada para petani yang memenuhi persyaratan, untuk mendapatkan peminjaman kredit atau bantuan kredit pemerintah. Peraturan peminjaman uang bagi para petani dan peternak yang baru mulai usahanya dimodifikasikan, agar mereka yang memenuhi persyaratan dapat meminjam uang untuk meningkatkan dan mendapatkan manfaat yang lebih baik, sehingga muncullah sebuah program yang membantu petani di perdesaan atau daerah pinggiran, dalam peminjaman dengan nama ‘farm loan program’. Program bantuan pinjaman untuk para petani kecil, dimaksudkan untuk pinjaman atau modal pada masa tanam, dan juga untuk masa panen pada saat harga hasil tanaman menurun, karena kelebihan produksi. Program ini memberikan kemudahan bagi para petani yang meminjam kepada pemerintah, yaitu tingkat bunga yang sangat rendah, hanya sebesar 0,5% dan dalam jangka waktu diatas rata-rata 10 tahun.Peranan pemerintah disini sangat menguntungkan para petani. Selain meminjam kepada pemerintah melalui bank-bank yang ditunjuk, para petani juga dipermudah meminjam uang kepada para agribisnis, hal ini dimaksudkan agar petani tidak meninggalkan pekerjaannya. Bantuan pemerintah terhadap anggaran pinjaman cukup tinggi, yaitu total anggaran pinjaman untuk pertanian pada tahun 2002– 2006 sebesar US$ 22,593,905,890 (EWG Database). Ada bantuan pemerintah dalam bentuk lain, yaitu tambahan pembayaran secara langsung perkomoditi, seperti harga perbussel jagung, yang langsung dapat tambahan oleh pemerintah, misalnya harga jagung perbussel dapat subsidi $25. Beberapa program bantuan pemerintah semua menguntungkan petani, disini terlihat peranan pemerintah begitu besar dalam menjaga kesejahteraan dan kemakmuran petaninya.
Perhatian pemerintah terlihat besar dalam meningkatkan bantuan pertanian melalui pembayaran countercyclical atau sering disebut sebagai pengganti pembayaran darurat, disusun untuk membatasi dampak dari rendahnya harga dan penghasilan para petani. Sehingga petani diperbolehkan mengajukan pinjaman sebelum masa tanam berikutnya dan tidak perlu menunggu pelunasan pada pinjaman sebelumnya. Hal ini dilakukan agar petani memiliki modal ketika melakukan pembaharuan lahannya, serta dapat memperluas produksinya, sehingga program ini memperbolehkan petani untuk selalu memperbaharui lahan atau tanah dan produk-produk pertaniannya.
3. Program Jaminan Kesehatan
Adanya Program Stamp Food dan menjamin bahwa makanan yang berada di pasar domestik terjaga secara kualitas dan semua merupakan hasil panen dari petani domestik. Awalnya program ini membatasi import makanan dan pertanian dari luar, secara invisible ini adalah tindakan proteksi
pemerintah terhadap pertaniannya, tetapi kemudian berdampak pada jaminan makanan dan pertanian yang baik dan sehat. Hal ini juga berdampak terhadap kesehatan para petani ketika proses masa tanam, mereka yang menggunakan pestisida untuk tanaman diberikan vaksin gratis dan general check up yang difasilitasi pemerintah, di rumah sakit yang ditunjuk langsung oleh pemerintah. Pemerintah pertanian AS mempunyai komitmen untuk menjamin keamanan pangan yang dikonsumsi oleh masyarakatnya.Pemerintah berupaya untuk memastikan bahwa peraturan yang ada untuk mencegah wabah penyakit, baik yang menyerang lahan pertanian maupun peternakan berdasarkan penelitian ilmiah. Pemerintah menunjuk Harvard University untuk melakukan penelitian, mengenai masalah kesehatan tanaman, ternak atau binatang dan petani. Hal ini dilakukan dalam membatasi import makanan (hal ini terlihat adanya sertifikasi yang sangat tinggi yang harus dilakukan pengimport makanan), dengan alasan untuk perlindungan secara keseluruhan untuk seluruh masyarakatnya terutama masalah kesehatan.
4. Program Subsidi langsung Komoditi Pertanian
Hal ini dimaksudkan agar harga produk pertanian yang beredar di pasar tidak terlalu tinggi, walaupun produksi pertanian yang dibeli dari petani rendah. Perhatian pemerintah terhadap pertaniannya, yaitu langsung memberikan bantuan atau subsidi untuk setiap komoditinya. Total subsidi yang diberian USDA sebagai bantuan pada program subsidi untuk berberapa komoditi pertanian yang diunggulkan, sangat besar terlihat dari angka yang sangat fantastis pada tahun 1995-2006 sekitar US$177,6 billion. Alokasi subsidi tersebut pada sekitar dua puluh komoditi, diantaranya empat komoditi yang mendapat perhatian dari USDA, seperti jagung sebesar US$56,170,875,257, gandum sebesar US$22,051,566,200, kapas sebesar US$21,329,862,262, dan beras sebesar US$11,043,795,298 (EWG Database).Pembayaran atau pengeluaran dari anggaran pemerintah, menunjukkan adanya bantuan langsung pemerintah terhadap pertanian AS. Selain itu untuk memudahkan petani, USDA memberi kebebasan petani untuk menanam apapun pada lahan yang ada, dan diberikannya jaminan subsidi tidak saja untuk komoditi tertentu, tetapi bantuan langsung untuk para petaninya melalui program subsidi pinjaman untuk masa tanam. Program lain dapat terlihat dari hasil laporan USDA, besarnya peranan pemerintah melalui subsidi lainnya itu terlihat dari anggaran untuk subsidi pertanian yang telah disahkan pada tahun 1995 sampai 2006 atau program bantuan atau subsidi 11 tahunan. Laporan ini menunjukkan bahwa adanya perlindungan terhadap komoditi pertaniannya, dengan subsidi tersebut kesejahteraan petani AS terpenuhi dan harga pasar domestik untuk pertanian menjadi turun.
Tindakan proteksi dari pemerintah di sini terlihat jelas dan menimbulkan protes terutama dari negara-negara lain, karena disisi lain AS gencar menyuruh negara-negara lain untuk menurunkan subsidi terhadap pertanian mereka. Tetapi USDA tetap menjalankan program ini dengan alasan bantuan tersebut telah di program sejak tahun 1995 sampai 2006 (program 11 tahunan) dan telah disepakati melalui Kongres.
5. Program Peningkatan Ekspor (Export
Enhancement Program/ EEP) Analisa peran pemerintah dalam perdagangan global adalah menjaga agar nilai hasil ekspor melebihi nilai hasil impor, untuk mendapatkan surplus negara. Pada tahun 2002, meskipun terjadi penurunan jumlah ekspor pertanian pada tahun 2001, masih memiliki surplus sekitar 10 milyar dollar (Laporan Operasional Tahunan Kedutaan Besar RI di Washington, DC. AS, Buku Kedua, 2002), hal ini menjadi salah satu pemasukan terbesar untuk keuangan AS, dan AS sangat menjaga surplus ekspor pertaniannya sebagai salah satu kekuatan keuangan nasionalnya.
Program peningkatan ekspor sangat menguntungkan eksportir pertanian yang kebanyakan dikuasai oleh para agrobisnis yang berbasis pada pasar global. Meningkatnya ekspor pertanian AS, selain menghasilkan pajak yang besar, juga berdampak pada semakin kuat dan besar agrobisnis yang bermain di pasar internasional, karena ekspor pertanian AS diwakili para agrobisnis tersebut.
Subsidi Pertanian di Amerika Serikat
Departemen Pertanian AS mendistribusikan antara $ 10 miliar dan $ 30 miliar pada subsidi tunai kepada petani dan pemilik lahan pertanian masing-masing .Jumlah tertentu tergantung pada harga pasar untuk tanaman, tingkat pembayaran bencana, dan faktor lainnya. Lebih dari 90 persen dari subsidi pertanian ke para petani dari lima tanaman-gandum jagung, kedelai, beras, dan cotton. Lebih dari 800.000 petani dan pemilik tanah menerima subsidi, tetapi pembayaran sangat miring terhadap producers terbesar. Selain subsidi tunai rutin, USDA menyediakan asuransi tanaman disubsidi, dukungan pemasaran, dan layanan lainnya untuk usaha peternakan. USDA juga melakukan penelitian pertanian yang luas dan mengumpulkan data statistik untuk industri. Ini subsidi langsung dan layanan biaya pembayar pajak sekitar $ 5 milyar setiap tahun, menempatkan pertanian dukungan total antara $ 15000000000 dan $ 35 miliar per tahun. Pertanian telah lama menarik dukungan pemerintah federal. Salah satu program subsidi untuk pertanian pertama adalah Undang-undang Morrill dari 1862, yang didirikan tanah-hibah perguruan tinggi. Yang diikuti oleh Undang-Undang Hatch dari tahun 1887, yang mendanai penelitian pertanian, dan oleh Smith-Lever Act of 1914, yang mendanai pendidikan pertanian. Pada tahun 1916, UU Pertanian federal Pinjaman menciptakan koperasi "bank tanah" untuk memberikan pinjaman kepada petani. Itu berkembang menjadi Sistem Kredit Pertanian saat ini, yang merupakan jaringan 50-keadaan keuangan koperasi dengan aset sebesar $ 90 miliar. Meskipun demikian, subsidi federal untuk sektor pertanian masih cukup kecil masuk ke 1920-an. USDA difokuskan pada memproduksi statistik, dana penelitian, dan menanggapi masalah seperti infestasi hama. Tapi panggilan untuk subsidi langsung kepada petani mulai mengintensifkan, dan pada tahun 1929 Undang-Undang Pertanian Pemasaran menciptakan Pertanian Dewan Federal, yang mencoba untuk menaikkan harga komoditas oleh produksi menimbun. Setelah menghabiskan $ 500 juta, ini faedahnya pertanian besar pertama dihapuskan pada tahun 1933. Subsidi pertanian yang diberlakukan selama tahun 1930-an dimulai dengan UU Penyesuaian Pertanian 1933. Program New Deal termasuk mendukung harga komoditas dan kontrol produksi, pemasaran perintah untuk membatasi persaingan, hambatan impor, dan asuransi tanaman. Fitur khusus dari program pertanian telah berubah selama tujuh dekade terakhir, tetapi filosofi perencanaan pusat di belakang mereka tidak. Sementara industri lainnya telah dideregulasi, kebijakan pertanian tetap terjebak di masa lalu, meskipun biaya tinggi dan kerusakan ekonomi yang sedang berlangsung. Antara tahun 1940-an dan 1980-an, Kongres reformasi pertanian kadang-kadang dipertimbangkan, biasanya ketika harga komoditas yang tinggi, tetapi kemudian itu kembali ke subsidi meningkat ketika kondisi pasar kurang favorable.4 Pada 1980-an, pemerintahan Reagan mengusulkan pemotongan subsidi pertanian utama, namun keuangan pertanian berada dalam kondisi buruk pada saat, yang mendorong Kongres untuk meningkatkan dukungan pertanian, tidak mengurangi itu. Subsidi pertanian telah pernah masuk akal secara ekonomi, tetapi sejak tahun 1930-an petani telah menolak pengurangan subsidi, dan mereka umumnya memegang kekuasaan di Kongres. Sementara petani merupakan bagian kecil dari populasi saat ini daripada di tahun 1930-an, lobi pertanian adalah sebagai kuat seperti biasa. Salah satu alasannya adalah bahwa pertanian-negara legislator telah terkooptasi dukungan dari legislator perkotaan, yang mencari subsidi meningkat pada tagihan pertanian untuk program seperti kupon makanan. Legislator mendukung subsidi lingkungan juga telah dikooptasi sebagai pendukung tagihan pertanian. Akibatnya, banyak legislator memiliki kepentingan dalam meningkatkan anggaran USDA, tapi sedikit yang datang untuk membela pembayar pajak yang kaki tagihan. Pada tahun 1996, Kongres akhirnya disahkan beberapa pro-reformasi pasar pertanian dalam hukum "Kebebasan untuk Farm". Hukum mengizinkan fleksibilitas yang lebih besar dalam keputusan petani menanam mereka dan bergerak menuju ketergantungan lebih besar pada penawaran pasar dan permintaan. Namun, hukum tidak berakhir pemotongan subsidi pertanian, sebagai dukungan Kongres diperluas dalam serangkaian besar tagihan pertanian tambahan pada akhir tahun 1990an. Ketika undang-undang 1996 disahkan, subsidi diharapkan biaya $ 47 miliar total dari 1996 sampai 2002, tetapi berakhir dengan biaya $ 121 billion. Sayangnya, kebijakan pertanian federal telah lama berdiri rip-off dari pembayar pajak Amerika, yang berlanjut ke abad 21. Pada tahun 2002, Kongres dan George W. Bush sepakat untuk peternakan undang-undang yang terbalik sebagian reformasi 1996. Hukum tahun 2002 meningkat pembayaran subsidi diproyeksikan sebesar 74 persen selama 10 years.6 Ia menambahkan tanaman baru ke gulungan subsidi, dan itu menciptakan skema jaminan harga baru yang disebut "countercyclical" program. Pada tahun 2008, Kongres mengesampingkan hak veto presiden untuk memberlakukan undang-undang pertanian yang diperpanjang mendukung yang ada dan menciptakan program-program subsidi baru. Undang-undang menambahkan "bencana permanen" program untuk daerah sering dilanda oleh kondisi buruk, dan menambahkan sebuah program perlindungan pendapatan dirancang untuk mengunci harga tinggi 2008 komoditas. Hal ini juga dibantu produsen tanaman khusus, seperti buah-buahan dan sayuran, dengan berbagai program baru. RUU peternakan 2008 menambahkan sebuah program gula ke etanol yang baru di bawah pemerintah membeli gula impor kelebihan yang mungkin menempatkan tekanan pada inflasi harga gula domestik. Program ini membela 85 persen petani gula dalam negeri 'dari pasar gula AS, dan menyediakan bagi pemerintah untuk menjual gula berlebih, bingung jika perlu, untuk produsen etanol. Sistem kesejahteraan yang luas federal untuk usaha peternakan mahal untuk pembayar pajak dan hal ini menciptakan distorsi dalam perekonomian. Subsidi mendorong petani untuk secara berlebihan, yang mendorong turun harga dan menciptakan tuntutan politik untuk subsidi lebih lanjut. Subsidi mengembang harga tanah di pedesaan Amerika. Dan aliran subsidi dari Washington menghalangi petani dari berinovasi, pemotongan biaya, diversifikasi penggunaan lahan mereka, dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk makmur dalam ekonomi global yang kompetitif. Distorsi yang disebabkan oleh kebijakan pertanian pemerintah federal telah lama diakui. Pada tahun 1932, seorang anggota Kongres mencatat bahwa Departemen Pertanian menghabiskan "ratusan juta tahun untuk merangsang produksi produk pertanian oleh setiap metode, dari mengairi lahan limbah untuk meminjamkan dan bahkan memberikan uang kepada para petani, dan sekaligus menasihati mereka bahwa ada ada pasar yang memadai untuk tanaman mereka, dan bahwa mereka harus membatasi produksi. "7 kebodohan adalah sama tujuh dekade kemudian, kecuali bahwa subsidi telah meningkat dari" ratusan juta "untuk puluhan miliar dolar.
Delapan Jenis Subsidi Pertanian
1. Pembayaran langsung.
Pembayaran langsung adalah kas subsidi bagi produsen dari 10 tanaman: gandum, jagung, sorgum, barley, gandum, kapas, beras, kedelai, minyak sayur minor, dan kacang. Tiga terakhir ditambahkan dalam hukum pertanian 2002. Pembayaran langsung didasarkan pada ukuran historis hektar pertanian yang digunakan untuk produksi dan tidak berhubungan dengan produksi saat ini atau harga. Didirikan pada tahun 1996, pembayaran langsung tersebut dimaksudkan untuk transisi, cara untuk menyapih petani dari program kuno harga jaminan. Sayangnya, pembayaran langsung belum berkurang dari waktu ke waktu seperti yang direncanakan. Dalam kebanyakan tahun, pembayaran langsung adalah sumber terbesar dari subsidi untuk petani di lebih dari $ 5 miliar per tahun. Pembayaran langsung dipisahkan dari produksi saat ini, yang membuat mereka kurang distorsi daripada jenis lain dari subsidi. Namun, sejumlah besar pembayaran ini dibuat untuk pemilik tanah yang tidak lagi bahkan digunakan untuk pertanian. The Washington Post memperkirakan bahwa antara tahun 2000 dan 2006 USDA membagikan $ 1,3 miliar pembayaran langsung ke orang yang tidak farm.8 koran menunjuk ribuan hektar lahan yang sebelumnya digunakan untuk menanam padi di Texas. Tanah ini sekarang digunakan untuk perumahan pinggiran kota dan tujuan lainnya, tetapi pemilik tanah terus menerima subsidi pertanian federal. 2. Pinjaman pemasaran.
Program pinjaman pemasaran adalah program harga dukungan yang telah menjadi bagian dari sistem subsidi pertanian sejak New Deal. Awalnya itu hanya sebuah program pinjaman jangka pendek, tapi hari ini memberikan subsidi yang besar dengan membayar harga minimum yang dijamin untuk tanaman. Program pinjaman pemasaran mendorong produksi berlebih dengan menetapkan harga lantai pada tanaman dan dengan mengurangi variabilitas harga yang dinyatakan akan menghadapi produsen di pasar terbuka. Program pinjaman pemasaran mencakup tanaman sama dengan subsidi mengarahkan program-gandum, jagung, sorgum, barley, gandum, kapas, beras, kedelai, minyak sayur minor, dan kacang. Selain itu, hukum pertanian 2002 diperluas kelayakan untuk produsen dari wol, mohair, madu, kacang polong kering, lentil, dan kacang buncis. Dalam beberapa tahun terakhir, pembayaran di bawah program ini telah berkisar dari sekitar $ 1 miliar menjadi $ 7 miliar per tahun. Dalam program ini, petani mengambil "nonrecourse" pinjaman dari USDA menggunakan tanaman mereka sebagai jaminan, yang memungkinkan petani untuk default pada pinjaman tanpa penalti. Di masa lalu, jika harga pasar turun di bawah tingkat sasaran, petani tetap pinjaman mereka dan dibatalkan rendah nilai hasil panen mereka kepada pemerintah. Pembayar pajak membayar biaya terjebak pinjaman dan biaya stok tanaman menyimpan. Saat ini, subsidi pemasaran yang paling pinjaman dalam bentuk "pembayaran pinjaman kekurangan," yang memungkinkan petani untuk memotong proses pinjaman dan hanya menerima pembayaran subsidi. Atau, petani dapat menerima "keuntungan pinjaman pemasaran," di mana petani dapat membayar pinjaman mereka USDA pada tingkat preferensial. Petani tidak menerima subsidi dari program pinjaman pemasaran hanya ketika harga tanaman rendah. Mereka telah menjadi ahli di game sistem untuk memaksimalkan subsidi mereka setiap tahun. Petani dapat mengunci dalam keuntungan pemerintah ketika harga musiman yang tinggi rendah, dan kemudian menjual tanaman mereka ketika harga pasar lebih tinggi. The Washington Post melaporkan bahwa "petani menuai keuntungan, bahkan di tahun-tahun yang baik," mencatat bahwa program 9 "telah menjadi begitu tertanam dalam keuangan lahan pertanian para petani kadang-kadang berharap untuk menjatuhkan harga pasar sehingga mereka dapat menangkap subsidi yang lebih besar."
3. Pembayaran countercyclical.
Sementara hukum pertanian 1996 menjauh dari subsidi harga jaminan tradisional, tagihan pertanian 2002 berbalik arah dan memeluk mereka dengan penambahan program countercyclical. Program ini mencakup 10 komoditi yang sama seperti program-gandum pembayaran langsung, jagung, sorgum barley, gandum, kapas, beras, kedelai, minyak sayur kecil, dan kacang-dan tagihan pertanian 2008 ditambahkan kacang polong kering, lentil, dan kacang buncis. Dalam beberapa tahun terakhir, pembayaran countercyclical telah berkisar dari sekitar $ 1 miliar menjadi $ 4 milyar per tahun. Program countercydical memberikan subsidi yang lebih besar saat harga pasar lebih rendah. Hal ini juga merangsang produksi pertanian berlebih, seperti halnya program pinjaman pemasaran. Namun, pembayaran countercyclical terikat dengan ukuran produksi historis, sementara pemasaran subsidi pinjaman terkait dengan produksi saat ini. Untuk alasan itu, pembayaran countercyclical yang dianggap kurang distorsi daripada pembayaran pinjaman pemasaran. 4. Subsidi konservasi.
USDA program konservasi mengeluarkan sekitar $ 3 milyar setiap tahun untuk para petani bangsa. Program konservasi subsidi terbesar adalah Konservasi Reserve Program, yang diciptakan pada tahun 1985 untuk idle jutaan hektar lahan pertanian. Dalam PRK, dibayar petani untuk tidak menanam tanaman, tetapi untuk menumbuhkan penutup tanah seperti rumput atau pohon pada hektar pensiun. Sebagian besar tanah malas bawah PRK dimiliki oleh petani pensiun, sehingga seseorang tidak bahkan harus menjadi petani bekerja untuk mendapatkan subsidies. USDA menyediakan berbagai program subsidi konservasi lainnya, termasuk Program Keamanan Konservasi, yang ditambahkan pada tahun 2002. Program-program ini menanggapi kerusakan yang disebabkan oleh kelebihan produksi di tanah pertanian marjinal, yang diperburuk oleh subsidi federal. Cara yang lebih mudah dan lebih murah untuk mengurangi produksi berlebih akan hanya menghilangkan subsidi pertanian.
5. Asuransi.
Badan Manajemen Risiko menjalankan pertanian USDA program asuransi. Baik "hasil" dan "pendapatan" asuransi yang tersedia bagi petani untuk melindungi terhadap cuaca buruk, hama, dan harga pasar yang rendah. RMA menggambarkan misinya sebagai membantu petani "mengelola risiko bisnis mereka melalui efektif, berbasis pasar solusi manajemen risiko. RMA memiliki pengeluaran tahunan sekitar $ 4 miliar, mempekerjakan sekitar 550 orang, dan kegiatan yang jauh dari "berbasis pasar . "Kebijakan asuransi tanaman federal yang dijual dan dilayani oleh 16 perusahaan asuransi swasta, yang menerima subsidi federal untuk biaya administrasi dan risiko asuransi. Perusahaan beroperasi seperti kartel, mendapatkan keuntungan berlebih dari premi tinggi mereka charge. Mereka lolos dengan bahwa karena pemerintah memberikan subsidi besar untuk premi asuransi, sehingga petani hanya membayar sekitar sepertiga biaya penuh dari kebijakan mereka. Kartel-seperti struktur dari sistem saat ini dibuat jelas pada tahun 2005, ketika, di bawah tekanan lobi dari perusahaan asuransi, Kongres tergelincir upaya oleh perusahaan untuk menawarkan polis asuransi untuk farmers. Pada tahun 2007, program asuransi tanaman USDA dikritik pada sidang pengawasan langka dari program pertanian oleh sebuah komite non-pertanian di Kongres. Ketua Pengawasan DPR dan Komite Reformasi Pemerintah, Henry Waxman (D-CA), disebut USDA asuransi "contoh buku teks limbah, penipuan, dan penyalahgunaan pembelanjaan federal. lebih dari $ 8 miliar dana pembayar pajak telah disia-siakan dalam pembayaran kelebihan perusahaan asuransi dan perantara lain
6. Bantuan Bencana.
Selama beberapa dekade, Kongres telah berulang kali diperluas program asuransi tanaman dalam rangka untuk mengurangi ketergantungan petani pada dana talangan darurat. Tapi subsidi asuransi dan dana talangan darurat baik telah tumbuh dalam biaya. Setelah hanya tentang segala macam kerusakan tanaman, Kongres melompat ke mendeklarasikan sebuah "bencana" dan mendistribusikan jutaan dolar untuk petani, apakah atau tidak benar-benar berkelanjutan petani tertentu substansial damage. Sebuah analisis Washington Post menemukan bahwa "petani sering dibayar dua kali oleh pemerintah, sekali dalam asuransi bersubsidi dan kemudian kembali pada bantuan bencana. RUU pertanian 2008 memiliki program bencana baru mahal permanen, dimaksudkan untuk mengurangi tagihan darurat ad-hoc lega. Dan perhatikan bahwa produk yang tidak dicakup oleh asuransi federal, seperti budidaya, jamur, pohon Natal, ginseng, dan rumput rumput, memiliki Tanaman Program Bantuan Bencana Noninsured khusus. 7. Subsidi ekspor.
USDA mengoperasikan berbagai program untuk membantu petani dan perusahaan makanan dalam penjualan asing mereka. Tangan Pasar Program Akses keluar $ 200,000,000 setiap tahun untuk produsen dalam mendukung kegiatan seperti kampanye iklan. Penerima meliputi Dewan Spirits suling, Pet Food Institute, Asosiasi Brewers, Dewan Popcorn, Wine Institute, dan Food. Program Welch lain, program Pengembangan Pasar Luar Negeri, tangan keluar $ 35.000.000 per tahun untuk kelompok-kelompok seperti Amerika kacang Council, Dewan Kapas Internasional, dan Dewan Mohair dari America.
8. Pertanian Penelitian dan Statistik.
Sebagian besar industri Amerika mendanai penelitian mereka sendiri dan program pembangunan. Industri pertanian merupakan pengecualian. USDA menghabiskan sekitar $ 3 miliar per tahun pada penelitian pertanian, layanan informasi statistik, dan studi ekonomi. USDA melakukan penelitian di 108 lokasi yang berbeda dan memberikan subsidi kepada 50 negara untuk penelitian dan pendidikan.

DAFTAR PUSTAKA

Analisis Kebijakan Publik Pertanian Amerika Serikat dalam Implementasi Public Law 107 – 171 : Farm Security and Rural Investment Act of 2002 Pasca Agreement on Agriculture. http://fisip.uns.ac.id/publikasi/sp4_2_rahmah.pdf
. Agriculture Subsidies. http://www.downsizinggovernment.org/agriculture/subsidies.
Major Crops Grown in the United States. http://www.epa.gov/agriculture/ag101/cropmajor.html.
. Crop Production. http://www.epa.gov/agriculture/ag101/cropmajor.html.
Agriculture in the United States. http://en.wikipedia.org/wiki/Agriculture_in_the_United_States.

16 comments:

  1. thanks infonya y, kunjungi juga blog saya
    ingalogo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Hello Am Mrs, Morgan debra Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan dapat diandalkan memberikan pinjaman
    pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
    $ 12.000 untuk $ 7.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha,
    Pinjaman Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. jika Anda
    membutuhkan pinjaman apa yang harus Anda lakukan adalah bagi Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    di: morgan debra 1986@gmail.com
    Semoga Tuhan Memberkati.
    Salam,
    Mrs Morgan debra
    Email: morgandebra1986@gmail.com
    Catatan: Semua balasan harus kirim ke: morgandebra1986@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Saya Widya Okta, saya ingin memberi keterangan kerja yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada bangsaku yang sedang mencari untuk pinjaman di Asia dan bahagian lain perkataan, kerana ekonomi yang buruk di beberapa negara. Adakah mereka sesiapa yang mencari pinjaman di antara kamu? Kemudian, anda perlu berhati-hati kerana banyak syarikat pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih tulen sekali dalam syarikat pinjaman palsu. Saya telah menjadi mangsa yang 6 kredit peminjam penipuan, saya hilang begitu banyak wang kerana saya mendapatkan pinjaman daripada syarikat mereka. Saya hampir mati dalam proses kerana saya ditahan oleh rakyat hutang saya sendiri, sebelum i adalah pembebasan dari penjara dan seorang kawan saya yang saya menerangkan keadaan saya kemudian memperkenalkan saya kepada sebuah syarikat pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam tempoh 24 jam yang i digunakan, Jadi saya membuat keputusan untuk berkongsi kerja yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat anda jika anda memerlukan pinjaman anda lebih baik hubungan SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui e-mel:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel saya di (widyaokta750@gmail.com) jika anda mendapati sukar atau mahu prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    ReplyDelete
  4. DEAR BAPAK DAN IBU,

    SILAKAN MAMPIR KE SUPERMARKET BAHAN BANGUNAN KERAMIK JAKARTA !

    KERAMIK JAKARTA
    JL. PERCETAKAN NEGARA NO. D 764
    RAWASARI
    JAKARTA PUSAT

    SENIN - SABTU PK. 08.30 - 18.00
    MINGGU PK. 09.00 - 17.00

    WA 087884063430
    CONTACT PERSON EMAIL : PAK FRANS
    TELP. 4261031 - 4265803
    FAX. 4203116
    email : keramikjakarta764@yahoo.com

    SALAM MARKETING,
    MARINI
    PIN BB 297B5746


    Interview Datang Langsung mulai 26 Des 16 , bertemu Marini , pk. 08.30-14.00
    Senin - Sabtu
    Jl. Percetakan Negara no D 764
    Jak Pus

    Hrp membawa verklaring sesuai bidangnya :
    (1) Merchandising Manager Supermarket Bahan Bangunan
    Verklaring di "supermarket bahan bangunan menjadi Manager MD "minimal
    5 tahun, tanpa ditraining lg.
    Memimpin 3 org MD fresh graduate dan bertanggung jawab lg ke Owner.
    Lolos tes microsoft (prioritas excel).
    (2) Salesman Dinas Luar Keramik utk Distributor Platinum Asia Tile Keramik
    Kita
    Verklaring di distributor keramik minimal 1 tahun dan menguasai pasar
    keramik modern outlet dan tradisional, tanpa ditraining lg.
    Bertanggung jawab ke Sales Manager.
    (3) Finance & Accounting Manager Supermarket / Distributor Bahan Bangunan
    Verklaring minimal 5 tahun menjadi Fin,Tax & Acct Manager distributor
    bahan
    bangunan atau supermarket bahan bangunan, tanpa ditraining lagi.
    Memantau alur cash in dan out lebih dari 10 orang dan bertanggungjawab
    ke owner ( alur mulai dari Store sampai Suplier ) , tanpa ditraining
    lagi.
    Lolos tes microsoft (prioritas excel).
    Harap tes membawa kalkulator.

    Syarat umum :
    Bisa kerja
    Mau kerja
    Sehat
    Jujur
    Tgjwb
    Komunikatif
    Bisa timwork dgn atasan dan bawahan
    Disiplin
    Kerja Senin - Jumat pk. 08.30-17.00 dan Sabtu pk. 08.30-15.00
    Mampu beradaptasi dengan cepat
    Mampu bekerja dibawah tekanan
    Mampu bekerja mandiri tanpa hrs dikomando setiap detik ( paham flow dan
    aturan main)

    ReplyDelete
  5. Kami siap membantu orang yang membutuhkan pinjaman pada tingkat bunga rendah.

    Aku Karen Mark, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui perusahaan pinjaman oleh kerajaan Inggris untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank. Tidak memerlukan banyak dokumen. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: karenmarkfinancialloancompany@gmail.com
    Kami amemberikan kami yang terbaik.

    ReplyDelete
  6. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  7. Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.
     
    Poin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.
     
    Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia adalah wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.com

    ReplyDelete
  8. KABAR BAIK

    Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Zara, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 400 juta rupiah (Rp400.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Zaradam@yahoo.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete
  9. Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

    Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  12. Calls Only ::{+16264653418}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    Ini adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI, kami adalah pemegang saham CREDIT UNION DAYA LESTARI prioritas utama kami adalah memberikan bantuan keuangan kepada keluarga Anda tempat kerja Anda baik proyek pinjaman pribadi yang memerlukan dana besar atau Anda kekurangan dana dan Anda memerlukan dana untuk situasi buas kami. sedang mengalami. dapat memberi Anda layanan keuangan ini tanpa mengklaim jaminan keamanan KTA karena kami tidak berada di sini untuk memperparah situasi keuangan Anda namun memberikan bantuan keuangan kepada Anda sehingga satu-satunya jawaban bagi Anda untuk mengatasi trauma keuangan Anda adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu berada dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu sehingga staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
    email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    BBM: {D8980E0B}
    Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena bertahun-tahun kerja sama membuat kami terus berjalan karena oleh karena itu penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa tekanan.

    ReplyDelete
  13. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  14. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang CREDIT UNION DAYA LESTARI di salah satu blog saya menghubungi CREDIT UNION DAYA LESTARI konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email:::(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    dia BBM INVITE:{D8980E0B}
    Calls Only ::{+12542276869}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    ReplyDelete
  15. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete